top of page

Aneka Ragam Marmer Berdasarkan Karakteristik dan Asalnya

Updated: Sep 20, 2023

Keunikan dan keindahan yang marmer miliki menjadikannya sering disebut-sebut sebagai batu alam terindah dan teranggun di dunia. Dikarenakan polanya yang selalu berbeda dan tidak pernah identik satu sama lain, menyebabkan batu ini terus-menerus diminati dan memiliki permintaan tinggi di pasaran untuk dekorasi ruang. Diketahui keunikan pola dan aneka warna yang dimiliki batu ini dipengaruhi oleh berbagai hal seperti perbedaan komposisi mineral yang terdapat di tanah batu tersebut terbentuk, formasi geologi area sekitar, serta perbedaan tekanan dan tinggi-rendahnya suhu ketika batu marmer tersebut terbentuk.


Akhirnya, setiap tambang batu marmer yang berjarak jauh pasti memproduksi bongkahan batu dengan pola yang berbeda pula. Jika masih berdekatan ataupun beberapa area pertambangan memiliki formasi geologi dan komposisi mineral tanah yang mirip, produksi marmer mereka cenderung juga akan berciri khas sama, tetapi tetap dengan variasi pola urat dan goresan yang berbeda – seperti berbeda ketebalan, letak, panjang, dll.


Tidak jarang, banyaknya variasi marmer yang tersedia sering kali membingungkan para calon pengguna, mengingat warna dan karakteristik marmer yang dipilih akan sangat menentukan hasil akhir suasana dan tone ruangan yang didekorasi batu tersebut. Oleh karena itu, di bawah ini akan dibahas mengenai berbagai marmer pilihan yang paling terkemuka dan disukai oleh berbagai pengguna di dunia!



Tipe marmer berdasarkan karakteristik dan asalnya


1. Marmer Carrara



Sesuai dengan namanya, bongkahan marmer tipe ini berasal dari pertambangan batu yang ada di wilayah Carrara, Italia. Tipe marmer ini sudah menjadi favorit sejak dahulu, di mana berulangkali bongkahannya digunakan oleh seniman legendaris di Masa Pencerahan, Michaelangelo, sebagai bahan untuk membuat karya patung pahatannya yang terkenal seperti the Pieta dan David. Bongkahan marmer ini dapat diidentifikasi dengan warna dasarnya yang putih ataupun abu-abu, dengan pola urat yang ringan dan halus menyerupai bulu.



2. Marmer Calacatta



Sama seperti Carrrara, marmer tipe ini juga berasal dari pertambangan yang berada di kota Carrara, Italia, tepatnya di pegunungan Apuan. Marmer ini dikenal karena sering disebut sebagai marmer dengan kualitas terbaik, sehingga tidak jarang penggunaannya ditemukan di tempat-tempat prestis seperti lobi hotel berbintang, perkantoran, dan mansion. Berbeda dengan Carrara, pola urat yang dimiliki oleh Calacatta lebih tebal dan berani, dengan warna latar terang seperti putih, sehingga guratan berwarna abu-abu dan emas pun akan sangat menyala.


3. Marmer Statuario



Batu alam yang ditambang di wilayah pegunungan Statuario, Italia ini merupakan batu marmer berwarna putih yang paling diminati. Walaupun sekilas terlihat mirip dengan pola Carrara, tetapi Statuario memiliki warna dasar yang lebih putih bersih serta urat yang abu-abu yang lebih jelas. Lebih dari Calacatta, marmer tipe jenis ini menduduki posisi teratas sebagai marmer termewah.



4. Marmer Emperador



Penamaan batu ini berasal dari kata berbahasa Inggris, “Emperor”, yang berarti kaisar atau penguasa yang berkedudukan di atas yang lain. Hal ini dikarenakan karakteristik batu ini yang berada di naungan variasi warna cokelat dengan pola dan tekstur urat yang biasanya berwarna putih atau keemasan, sehingga menimbulkan kesan elegan. Marmer yang awalnya berasal dari Spanyol ini dapat dibagi kembali ke dalam 3 kategori, yakni Emperador light (terang), dark (gelap), dan golden (keemasan).



5. Marmer Thassos



Dinamai sebagai marmer terputih di dunia, batu yang kebanyakan ditemukan di Pulau Thassos, Yunani ini di tambang sejak zaman kuno karena keindahannya. Karakteristik marmer ini yang tersusun atas butiran-butiran kecil dengan warna putih seperti kristal membuatnya sering dimanfaatkan tidak hanya sebagai interior, tetapi juga sebagai bahan dasar pembuatan patung pahatan.



Itulah lima marmer yang paling terkemuka dan sering dijadikan pilihan karena keindahan pola dan karakteristiknya sebagai dekorasi ruangan di dunia. Memilih marmer untuk melengkapi keindahan ruangan tidak pernah salah, karena berbagai pola dan warna yang dimilikinya dapat disesuaikan dengan karakteristik sang pemilik ruangan dan suasana yang ingin dibangun. Saat memilih supplier marmer untuk areamu, pastikan hanya memilih marmer berkualitas tinggi dari produsen terpercaya untuk memastikan daya tahannya.


Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi ketersediaan dan pilihan berbagai jenis marmer yang berkualitas untuk keperluan anda, silahkan kunjungi kami di PT. Intinusa Selareksa, TBK (www.intinusa.com).

Σχόλια


bottom of page