top of page

Beberapa Alasan Marmer merupakan Batu Alam Pilihan

Updated: Aug 28, 2023

Apa itu marmer?

Terkenal dengan polanya yang indah dan berbeda antara satu bongkahan dengan yang lain, marmer – berasal dari Bahasa Yunani Kuno mármaros berarti batu kristal atau batu yang bersinar – selama ratusan tahun telah menjadi pilihan untuk dijadikan lantai, baik bagi rumah, hotel, maupun perkantoran yang ingin memunculkan atmosfer kemewahan dan elegan di dalamnya. Batu marmer sendiri awalnya terbentuk dari batu kapur atau dolomit yang terekspos pada tekanan dan suhu tinggi secara ekstrem. Intensitas pemberian tekanan dan suhu tinggi dalam periode waktu yang lama ini kemudian membentuk reaksi kimia yang menyebabkan batu kapur atau dolomit tersebut bermetamorfosis, yang kemudian terkristalisasi dan terorientasi ulang menjadi suatu batu dengan susunan mineral yang baru.



Kelebihan marmer

Selain dipilih karena keindahan yang ditawarkan melalui polanya terdapat beberapa alasan dalam pemilihan batu marmer sebagai pilihan lantai. Hal tersebut adalah :

  • Daya tahan.

Proses pembentukan batu marmer yang panjang dalam tekanan dan pengenaaan suhu ekstrem tidak hanya menghasilkan pola yang indah dan unik, tetapi juga meningkatkan kekuatan batu tersebut menjadi lebih awet dan tahan banting dibanding batu jenis lainnya. Selain itu, daya tahan yang tinggi ini juga menyebabkan batu marmer dapat menjadi solusi ketika membutuhkan material lantai yang ingin digunakan dalam jangka waktu panjang.

  • Ketahanan terhadap suhu tinggi.

Jika digunakan di ruangan atau tempat yang cenderung bertemperatur tinggi, marmer memiliki ketahanan panas (heat-resistant) yang baik. Akibatnya, marmer sangat cocok digunakan sebagai material permukaan meja dapur.

  • Mudah untuk dibersihkan.

Alasan lain pemilihan material batu ini sebagai lantai maupun lapisan meja adalah karena sifatnya yang tahan terhadap tumpahan cairan. Ketika dibersihkan segera dengan cara yang tepat, marmer tidak akan menyerap cairan maupun substansi lain yang tumpah di atasnya.

  • Konduktor panas yang baik.

Selain kuat dan memiliki ketahanan terhadap panas yang baik, walaupun sering kali dipilih karena sifatnya yang cenderung dingin setiap kali disentuh, bukan berarti marmer konduktor panas yang buruk. Ketika dipaparkan pada suhu yang hangat dalam waktu yang lama, marmer mampu menyerap panas tersebut dan mempertahankannya, sehingga dapat menjadi solusi ketika dipasang dalam rumah yang beriklim dingin. Di satu sisi, sifatnya yang cenderung dingin juga berguna ketika dipasang di area beriklim tropis, karena menawarkan pijakan yang menghadirkan hawa sejuk di tengah panasnya cuaca.

  • Variasi pola dan warna.

Tidak seperti batu alam lainnya yang cenderung menawarkan pola dan warna sama, keunikan batu marmer adalah warna maupun pola-pola yang dimilikinya tidak ada yang sama antara satu potongan yang lain. Hal ini menyebabkan setiap jengkal dari batu marmer memiliki perbedaan dan tidak akan menimbulkan rasa monoton secara estetika. Perbedaan di setiap potongan ini juga menjadikan pilihan batu marmer dapat disesuaikan dengan selera pengguna.


Berdasarkan poin-poin di atas, tidak mengherankan bila banyak orang yang rela merogoh kocek dalam untuk membeli marmer baik sebagai kebutuhan lantai, dinding, maupun lapisan meja. Keindahan estetika, keunikan, serta berbagai kelebihan yang ditawarkan marmer tentunya membuatnya berbeda dan unggul dibanding pilihan batu alam lainya untuk dijadikan pelengkap di rumah, kantor, maupun hotel. Pemilihan marmer yang berkualitas menjadi vital mengingat umur penggunaannya yang panjang.


Oleh karena itu, pastikan anda memesan marmer dari supplier yang terpercaya dan berkredibilitas tinggi, seperti PT. Intinusa Selareksa, Tbk. yang dapat diakses melalui https://www.intinusa.com



49 views1 comment

1 Comment


asbudi hendra
asbudi hendra
Aug 22, 2023

Good Info

Like
bottom of page