top of page

Lantai Marmer: Keuntungan Ekonomis dari Investasi Jangka Panjang

Lantai marmer sudah lama menjadi simbol kemewahan dalam rumah maupun bangunan komersil. Kita bisa menemukannya di hotel-hotel berbintang lima, monumen nasional, maupun bangunan bersejarah di luar negeri. Menggunakan marmer pada gedung megah memberikan ilusi ruangan yang besar dan megah, terutama jika digunakan pada lobby dan mezzanine. Warna, motif, dan polesan pada marmer menjadi lebih indah ketika memantulkan cahaya lampu maupun matahari.


Tahukah Anda bahwa memilih marmer sebagai bahan lantai properti Anda bisa menjadi investasi ekonomis dalam jangka panjang? Berikut beberapa alasannya.


Area dapur dan ruang makan yang menggunakan lantai marmer
Max Vakhtbovycn / Pexels
  • Mahal di Awal, Hemat di Akhir: Jangan dulu terintimidasi oleh harganya yang bersaing. Agar dapat membeli slab marmer dan memasangnya dengan benar, Anda akan membutuhkan lebih banyak biaya dari biasanya. Akan tetapi, begitu marmer terpasang Anda tidak perlu menggantinya dalam waktu yang lama, bahkan hingga puluhan tahun sekalipun.


  • Tahan Lama, Tahan Lembab: Marmer merupakan batuan alami yang terbentuk karena proses metamorfosa, sehingga memiliki ketangguhan yang tidak tergantikan. Setelah diberikan lapisan pelindung, marmer tidak mudah tergores, terkikis, maupun lapuk karena air. Gesekan furnitur, cipratan air, bahkan barang pecah belah tidak akan dengan mudah menggores lantai yang terbuat dari marmer. Maka tak heran jika kita bisa menemukan marmer pada kamar mandi hotel atau bangunan mewah.


  • Mudah untuk Dibersihkan: Sebagian besar orang masih beranggapan bahwa marmer sulit untuk dibersihkan. Padahal, marmer termasuk bahan yang cukup mudah untuk dirawat. Anda hanya perlu menggunakan pembersih khusus marmer atau pembersih yang tidak mengandung bahan asam, kain lap atau spons, dan sedikit air. Anda juga bisa menggunakan sapu dan pengki biasa untuk menyapu debu dan kotoran di atasnya. Ingat bahwa marmer merupakan batuan berpori sehingga Anda perlu membersihkan noda dengan cepat sebelum meninggalkan jejak pada lantai Anda.

  • Banyak Variasi, Cocok untuk Personalisasi: Marmer terdiri atas berbagai macam warna dan pola. Baik guratan halus maupun pola tegas dari fosil, Anda sudah pasti akan menemukan jenis marmer yang sesuai dengan rancangan desain interior Anda. Pola pada marmer juga dapat dipasangkan menggunakan teknik bookmatch. Teknik ini umumnya memasangkan dua atau lebih slab marmer agar tercipta pola yang berkesinambungan menyerupai buku yang terbuka. Menyambungkan pola marmer dilakukan dengan memperhatikan keseimbangan arah pola agar terlihat berlawanan.


  • Ramah Lingkungan: Agar suatu bahan dapat dianggap ramah lingkungan, maka ia harus diambil dari sumber alami, dapat bertahan lama, dan mudah untuk diurai atau didaur ulang pada akhir masa pakainya. Lantai yang terbuat dari marmer dapat bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Bahkan pada akhir masa pakainya, lantai marmer dapat dipotong dan digunakan lagi untuk perabotan berukuran kecil.


Sebuah kursi rotan di atas lantai marmer
Tuherdias Awang / Pexels

Itulah beberapa alasan mengapa lantai marmer dapat menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan Anda. Properti yang menggunakan lantai marmer juga memiliki nilai jual properti yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Jika digunakan pada apartemen, hotel, atau perkantoran, maka lantai yang terbuat dari marmer akan memberikan kesan mewah dan profesional kepada siapapun yang menginjakkan kaki di sana.


Jika Anda berminat untuk menggunakan lantai marmer, pastikan Anda mendapatkannya dari distributor yang terpercaya seperti PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com).

Commentaires


bottom of page