top of page

Hasil Alam yang Menembus Batas Ruang : Keindahan Sekaligus Kekuatan Batu Granit

Batu alam yang kuat dan indah tentunya otomatis menjadi incaran bagi  orang-orang yang ingin mendekorasi area mereka dengan mengikutsertakan unsur alam namun tetap mempertahankan aspek kemewahan di dalamnya. Tidak hanya berfungsi sebagai penghias, batu alam seperti granit yang berdaya tahan tinggi juga bisa menjadi pilihan investasi penggunaan jangka panjang ke depannya karena dengan sekali instalasi, furnitur yang terbuat dari granit mampu bertahan hingga 20 tahun asalkan mendapat perawatan secara tepat dan rutin. Oleh karena itu sejak dahulu, granit sudah menjadi batuan yang paling banyak digunakan di bidang konstruksi, baik untuk keperluan dekorasi interior maupun eksterior.



 

Batu granit merupakan salah satu material natural alam terkeras kedua di bumi, dengan hanya dikalahkan oleh berlian.  Ketahanannya yang tinggi tidak terlepas dari proses pembentukannya, yakni dari magma kental yang mendingin secara perlahan dan mengalami proses kristalisasi selama jutaan tahun. Proses pendinginan magma secara perlahan ini memungkinkan untuk batuan kristal berukuran besar terbentuk, menghasilkan granit dengan tekstur berbutir-butir kasar. Batuan kristal yang terbentuk dari proses kristalisasi ini juga berkontribusi pada pembentukan aneka pola-pola indah di batuan granit yang sering kita lihat sekarang. Akibat proses ini juga, granit dapat dikategorikan sebagai salah satu batuan plutonik, karena lokasi pembentukannya yang terletak di lempengan tektonik bumi.  

 

Ketahanan yang didapatkan granit pun tidak lepas dari partisipasi komposisi mineral yang terdapat di dalamnya, yakni campuran dari kuarsa, feldspar, mikas, dan amfibol. Campuran-campuran ini memungkinkan granit untuk diaplikasikan ke dalam berbagai kegunaan. Kemampuannya untuk tahan terhadap erosi, perubahan cuaca yang ekstrem – berkemampuan untuk menahan panas hingga 250 derajat Celcius – membuat orang-orang tidak ragu untuk mengaplikasikannya di luar ruangan, seperti untuk pelapis dinding dan pilar luar rumah, serta pijakan tangga dan langkah bagi teras dan taman.



Letak proses pembentukan marmer di lapisan permukaan bumi.

Gambar dari Geology Science.

 

 

Dapat disimpulkan bahwa kekuatan dan ketahanan granit tidak perlu diragukan lagi dalam dunia konstruksi. Komposisi serta proses pembentukannya yang tercampur dari berbagai mineral yang terkristalisasi dalam waktu lama memberikan batu alam jenis ini kekuatan sekaligus pola indah dan teksturnya, menjadikan batu granit tidak hanya indah dan nyaman untuk dipandang secara visual, tetapi juga serbaguna.  

 

Jika anda sedang mencari slab batu granit baraneka tipe dengan kualitas tinggi untuk furnitur dan kebutuhan konstruksi anda, pastikan untuk mengunjungi katalog kami di PT. Intinusa Selareksa Tbk. (www.intinusa.com).

Comentários


bottom of page