top of page

Lantai Marmer: Investasi Jangka Panjang untuk Kecantikan Abadi

Saat pertama kali menginjakkan kaki di hotel bintang lima, interior lobby-nya yang mewah menjadi hal pertama yang menarik perhatian kita. Lantai dan dinding yang menggunakan marmer memiliki keindahan yang tak tertandingi. Corak dan warnanya yang halus memberikan kemewahan yang tiada duanya.


Lantai yang terbuat dari marmer telah lama menjadi simbol kemewahan, keanggunan, dan ketahanan. Keindahannya yang alami dan timeless menjadikannya pilihan populer untuk rumah, kantor, dan bangunan publik lainnya. Di balik keindahannya, lantai marmer juga menawarkan banyak keuntungan praktis yang menjadikannya investasi jangka panjang yang bijak.


Interior restoran yang menunjukkan area bar dengan lantai marmer
Rendy Novantino (c) Unsplash

Keindahan yang Tak Lekang Waktu

Marmer merupakan batuan alam yang terbentuk dari proses metamorfosa batuan gamping atau limestone. Batuan ini terbentuk karena memperoleh tekanan dan suhu bumi yang tinggi sehingga berubah bentuk dan terjadi proses kristalisasi. Proses metamorfosa ini memadatkan dan membentuk corak marmer yang unik. Bongkahan marmer yang ditambang biasanya akan dipotong menjadi beberapa slab yang dapat dicocokan polanya untuk kebutuhan desain interior Anda.


Setiap lempengan marmer memiliki pola dan corak yang untuk dan tidak dapat ditiru oleh material lain. Corak yang muncul dari setiap bongkahan juga umumnya akan membentuk pola yang berlanjut hingga ia menghilang menjadi warna dasarnya saja. Marmer Statuario, misalnya, merupakan marmer putih asal Italia yang memiliki guratan halus berwarna abu-abu yang menyerupai selendang. Beberapa slab Statuario juga memiliki guratan warna coklat atau emas di antara warna abu-abu dan putihnya.


Selain memiliki corak yang unik, marmer juga tersedia dalam berbagai warna, seperti putih, coklat, hitam, bahkan hijau dan merah. Batuan alam ini juga memiliki kekuatan dan ketahanan yang tidak dapat ditemukan dalam material lainnya. Marmer tahan terhadap goresan, noda, dan panas sehingga cocok untuk area yang memiliki lalu lintas yang tinggi. Maka tak heran jika banyak pemilik properti yang memilih marmer untuk meningkatkan nilai estetika ruangan dan nilai jual properti mereka.


Area pintu masuk ke dalam sebuah rumah atau apartemen yang menggunakan lantai marmer
Erica Indriana (c) Unsplash

Perawatan dan Pembersihan Lantai Marmer

Agar lantai marmer di properti Anda dapat bertahan hingga puluhan tahun lamanya, Anda perlu melakukan perawatan dan pembersihan secara berkala. Pembersihan dan perawatan marmer juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena banyak bahan yang justru menyebabkan marmer menjadi lebih cepat rusak. Berikut beberapa tips merawat lantai marmer Anda agar lebih tahan lama.


  • Pembersihan Rutin: Untuk membersihkan marmer dari kotoran dan debu, Anda tidak perlu menggunakan bahan kimia khusus atau peralatan khusus. Gunakanlah kain pel microfiber yang lembab dan air bersih untuk membersihkannya. Keringkan juga dengan kain microfiber bersih untuk mencegah noda air. Hindari penggunaan bahan kimia keras, pemutih, atau pembersih asam karena dapat merusak marmer.


  • Perawatan Seiring Waktu: Ada tiga hal yang harus Anda perhatikan untuk merawat marmer, yakni sealing, polishing, dan penghapusan noda. Sealing dapat dilakukan secara berkala sekitar 1-2 tahun sekali untuk melindunginya dari noda dan goresan. Proses ini juga akan menutup pori-pori marmer dan menjaganya dari air yang meresap ke dalam. Polishing dapat dilakukan setiap 5-10 tahun sekali untuk mengembalikan kilau marmer. Proses ini akan menghilangkan goresan halus dan membuat marmer lebih halus dan berkilau. Sementara itu, penghapusan noda membandel dapat dilakukan dengan menggunakan pembersih khusus marmer sesuai dengan jenis noda untuk mencegahnya meresap dan menjadi permanen.

Lantai marmer merupakan investasi jangka panjang yang bijak untuk meningkatkan nilai jual properti Anda. Dengan memilih jenis marmer yang tepat dan melakukan perawatan rutin, Anda dapat menikmati keindahan lantai marmer hingga puluhan tahun lamanya. Pastikan Anda menggunakan marmer impor berkualitas tinggi dari penyedia marmer profesional seperti PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com).

Comentarios


bottom of page