top of page

Panduan Perawatan Granit: Tips untuk Kilau dan Kekuatan yang Tahan Lama

Sebagai salah satu batu alam dengan permintaan tertinggi untuk dijadikan furnitur, granit memiliki berbagai kelebihan yang menjadikannya populer di pasaran. Keserbagunaannya untuk tidak hanya dijadikan dekorasi interior, tetapi kekuatan batu alam ini juga memberikan opsi bagi penggunanya untuk mengaplikasikan granit sebagai furnitur dan dekorasi di luar ruangan (eksterior). Kekuatan yang dimiliki granit juga berkontribusi pada mudah dan sederhananya perawatan yang dibutuhkan oleh batu alam ini sehari-hari.


Contoh penggunaan granit tipe Typhoon Bordeaux untuk countertop meja di area dapur. Sumber foto : Lazy Susan Designs


 

Namun, walaupun mendapatkan predikat sebagai salah satu material dari alam yang terkuat, batu granit juga membutuhkan langkah-langkah khusus untuk memastikan penggunaannya dapat bertahan lama dan terus terlihat indah. Di bawah ini telah kami rangkum hal-hal yang dapat anda persiapkan dan lakukan untuk menjaga keindahan furnitur granit di area anda!

 

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat granit

 

  • Bersihkan secara teratur : Agar terus terlihat mengkilap dengan menampilkan pola dan keindahan warnanya secara maksimal, pastikan untuk secara teratur membersihkan permukaan furnitur yang terbuat dari granit secara menyeluruh. Pembersihan furnitur bermaterial granit dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan kain lap micro-fiber yang dibasahi oleh campuran sabun cuci piring dan air hangat dan kemudian diusapkan ke granit. Namun, jika anda ingin lebih merasa aman, anda juga dapat menggunakan cairan khusus pembersih granit ber-pH netral yang banyak dijual di pasaran. Jauhi penggunaan cairan cuka, lemon, dan pembersih yang bersifat asam dan abrasif karena penggunaannya dapat merusak permukaan granit.

  • Hindari kontak langsung dengan sumber panas : Walaupun granit merupakan salah satu batu alam yang tahan terhadap panas, tetapi granit juga tetap harus dijauhkan dari kontak langsung terhadap benda-benda seperti alat masak panas yang baru saja digunakan. Pastikan untuk memberi alas penahan panas seperti kain lap tebal ataupun tatakan khusus sebelum meletakkan wajan panas di permukaan granit agar tidak retak.   

  • Jangan diamkan tumpahan terlalu lama : Seperti batu alam lainnya, granit bersifat porous atau memiliki pori-pori yang mampu menyerap berbagai cairan. Kemampuan untuk menyerap cairan ini dapat merusak warna dan pola asli batu granit akibat warna cairan yang terserap akan tertinggal di pori-pori granit. Bila cairan yang tumpah pun tidak berwarna seperti contohnya air putih, maka bercak lembap kehitaman tetap akan terbentuk. Untuk mencegah hal ini, granit harus secara rutin diberikan lapisan pelindung atau sealing sehingga tumpahan cairan berbahan dasar air dan minyak pun hanya berdiam di permukaan granit dan tidak menginfiltrasi ke sela pori-pori agar memudahkan pembersihan. Pemberian cairan pelindung sealant ini harus dilakukan secara terus-menerus untuk melindungi granit dari perubahan warna dan oksidasi.

  • Hindari membersihkan dengan material yang keras dan abrasif : tidak hanya cairannya, alat yang digunakan untuk membersihkan batu granit pun perlu dipertimbangkan. Jangan menggunakan material seperti scrub dan sikat keras karena dapat menimbulkan gesekan kencang dan menghasilkan goresan pada permukaan granit. Cukup gunakan kain lap berbahan halus selama proses pembersihan untuk menjaga kilap granit.



 

Itulah beberapa tips dan panduan yang dapat anda ikuti untuk menjaga furnitur granit anda agar tetap terlihat baru dan prima.  Dengan mengikuti keempat langkah di atas, dapat dipastikan furnitur berbahan granit anda akan terjaga dalam kondisi baik dan berfungsi secara maksimal dalam jangka panjang ke depannya.

 

Jika anda sedang mencari supplier batu alam seperti marmer dan granit impor berkualitas tinggi dengan beragam pilihan motif dan warna untuk kebutuhan dekorasi ruangan anda, percayakan hanya pada PT. Intinusa Selareksa Tbk. (www.intinusa.com).


bottom of page